Pengertian Helpdesk
Helpdesk pada dasarnya adalah sebuah center
point dimana masalah atau issue dilaporkan dan diatur secara
terurut dan diorganisasikan. Dari perspektif umum, helpdesk merupakan
bagian pelengkap dari sebuah fungsi pelayanan, dan bertanggung jawab sebagai
sumber dari pemecahan masalah atau issue lainnya. Menurut Wooten (2001,
p5), ”Helpdesk is a formal organization that provides support function to
users of the companies product, services, or technology”. Jadi helpdesk
merupakan bagian dari perusahaan yang menyediakan dokumen fungsi produk, servis
atau teknologi dari perusahaan tersebut.
Helpdesk adalah sebuah departemen
atau bagian dalam perusahaan yang melayani atau menanggapi pertanyaan teknis
pengguna. Helpdesk digunakan untuk menjawab pertanyaanclient.
Pertanyaan dan jawaban dapat disampaikan melalui telepon, email, web
atau fax. Bahkan ada software helpdesk yang membuat orang
lebih mudah untuk menjalankan helpdesk dengan cepat untuk menemukan
jawaban yang bersifat umum.
Berdasarkan
definisi diatas helpdesk merupakan bagian struktur atau program yang menangani
pertanyaan dan keluhan baik itu dari pihak internal atau pihal eksternal dengan
menyediakan informasi atau solusi yang dibutuhkan pengguna.
Fungsi dari Helpdesk
a.
Helpdesk
dapat memberikan solusi atas pertanyaan – pertanyaan dalam kurun waktu singkat.
b.
Helpdesk
dapat mengecek permasalahan yang ada dan mengatur pembagian staff.
c.
Helpdesk
dapat meningkatkan efisiensi perusahaan dalam menangani pertanyaan dan keluhan
pelanggan.
d.
Helpdesk dapat memberi laporan kerja
perkembangan kinerja para staff dan pimpinan.
e.
Helpdesk dapat menangani pertanyaan
dan keluhan yang sejenis karena pertanyaan dan keluhan dicatat.
Contoh percakapan helpdesk Telkom 108 (tempat
tanya nomor telpon) dengan pelanggan
Pelanggan
: selamat pagi
HelpDesk
: Selamat pagi, ada yang bisa kami bantu!
Pelanggan
: Saya mau tanya nomor telpon kantor auto2000 probolinggo berapa ya mbak?
HelpDesk: auto2000 probolinggo di jalan Panglima Besar
Sudirman ya pak?
Pelanggan
: Iya Benar
HelpDesk:
Baik Pak tunggu sebentar kami akan carikan…..Auto2000 probolinggo silahkan di
catat bapak, nomornya 422000,
Pelanggan:
Terimakasih Mbak
HelpDesk:
Baik Bapak, Ada yang bisa dibantu lagi?
Pelanggan:
Sudah Terimakasih.
Penerapan
Help Desk di Perusahaan
·
Perusahaan penyedia jasa layanan
publik seperti operator telekomunikasi, web hosting, toko online, atau
perusahaan yang memiliki pangsa pasar produk yang cukup luas, dengan tujuan
untuk meningkatkan hubungan dengan customer (customer relationship management).
·
Departemen IT di berbagai instansi /
perusahaan dalam melakukan tugasnya melakukan support dalam menyelesaikan
permasalahan terkait infrastruktur jaringan, komputer atau problem perangkat
lunak.
·
Departemen Pemasaran atau
Pengembangan Produk dalam menampung masukan-masukan dari para customer melalui
sistem guna melakukan analisa-analisa atau perencanaan kedepan.
·
Perusahaan pengembang software dalam
memanage bug, dan memonitor penyelesaiannya.
Manfaat
HelpDesk
Manfaat
helpdesk diantaranya:
kontinuitas
pemantauan dan komunikasi on-line dan real time
- fasilitasi kolaborasi pemecahan masalah
- fasilitasi sinergi antar stakeholders
- fasilitasi tenaga untuk assessment dan supervisi
- pembangunan data-bank (e-Library) permasalahan dan solusinya
Tidak ada komentar:
Posting Komentar